Senin, 13 Juli 2009

TUTORIAL KOMPREHENSIF BISNIS WISATA ONLINE


i-tutor.net merupakan salah program I Love My Country Indonesia (ILMCI. COM) yang sukses mendapat rekomendasi WORLD BANK. Silakan klik link di bawah ini!

* Latar Belakang Kerjasama Pemda Kabupaten Bener Meriah dengan i-tutor

* Klik di sini untuk melihat rekomendasi World Bank

* Download Company profile i-tutor group untuk melihat keberhasilan i-tutor lainnya

Sampai saat ini i-tutor.net sendiri telah tersebar lebih dari 700 cabang di seluruh Indonesia, dari sejak i-tutor.net menjadi suatu sistem Lisensi pada tahun 2006.




Ini baru benar benar luar biasa!


Mendaftarkan teman email GRATIS 01 GB diberi HADIAH barang dan pembelajaran GRATIS serta berpotensi dapat BONUS RATUSAN JUTA Rupiah. Dahsyat!!!


Buruan ajak teman sebanyak-banyaknya mendaftar:

Akses -------> http://tinyurl.com/l8ehbx


Mau Dapat Mobil

Chery QQ?

Kenalkan teman-teman atau orang terdekat Anda untuk membuat akun di ILMCI.

01) Hadiah akan diberikan kepada sponsor dengan direct downline (Level 1) terbanyak.

02) Hadiah mobil akan diberikan setiap tahun berdasarkan perhitungan jumlah Level 1 terbanyak.

03) Perhitungan sponsorship dilakukan pada tahun yang sedang berjalan, dan akan dihitung ulang mulai tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

04) Pemenang akan mendapatkan pemberitahuan melalui ilmci Mail, e-mail pemberitahuan pemenang akan dikirimkan oleh support@ilmci.com dan sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

05) Hadiah diambil langsung ke Kantor Pusat ILMCI atau dapat dikirim ke alamat pemenang (pajak ditanggung pemenang).


Mari Bergabung Dengan

I
Love My Country

I
ndonesia
(ILMCI.com)

Untuk Mencerdaskan

Anak - Anak &

Cucu- Cucu Kita !




Free 1GB Webmail
Mau punya email pribadi dengan inbox 1GB + hadiah bulanan?


Email Sponsor: noersal@ilmci.com

diperlukan ketika Anda mengisi

formulir pendaftaran email ilmci.com

dan sewaktu mengisi formulir BURSA BISNIS ILMCI,

cantumkan Sponsor's ID Number Anda berikut:

0340 3440 9876 3426


Info rinci, silakan download marketing kits = rezeki (amal + hadiah + uang) Anda melalui link berikut:

01. Brosur

02. Dokumen Kerjasama

03. Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) BBI

04. Proposal-proposal


05. Teknik Member Get Member [pps - 23mb]

06. Teknik Staff Get Member [pps - 248kb]

07. Promo i-tutor Metro Permata [wmv - 13mb]



Uraian LEBIH Lengkap Mengenai PROGRAM Kegiatan

I LOVE MY COUNTRY INDONESIA

Termasuk Kerja Sama PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Berhadiah Tanpa Batas Bisa Ditelusuri DI SINI !!!



Before heading to BALI, you are cordially invited to
virtually explore
INDONESIA in depth here!


Together Everyone

Achieves More!


Want to join?
How?

Just click ---->

Achieving Success

As A Team !

TUTORIAL KOMPREHENSIF BISNIS WISATA, Pertama ONLINE di Indonesia

Insya Allah, diluncurkan bulan depan!

Bulan depan diluncurkan, insya Allah!

<>

a) Home-based travel agent

b) Pramuwisata (Tourist Guide)(Kabupaten/kota)

c) Pengatur Wisata (Tour Director) (Provinsi / Mancanegara)


Tutored by Drs. Noersal Samad, MA

Penyaji Blog Tutorial Bisnis Wisata ini.


Welcome to my blog!

Total page views up to now:




TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE
bertujuan membekali kompetensi yang diperlukan para calon & karyawan adilaksana (professional), mulai dari tingkat bawah (subordinates)sampai ke pucuk pimpinan (CEO), pebisnis yang mengelola Bisnis Wisata khususnya, dan komponen-komponen Industri Pariwisata pendukung pertumbuhan dan pengembangan kepariwisataan (tourism stakeholders) Indonesia pada umumnya.



Kompetensi (professional competencies) yang selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) tersebut mencakup:


01) uraian tugas (tasks),

02) pengetahuan umum mendasar (general and essential) terpadu dengan pengetahuan khusus penunjang profesi (fully integrated with specialized professional knowledge),

03) ketrampilan (skills),

04) kemampuan (abilities),

05) kegiatan kerja (work activities),

06) kaitan kerja (work context),

07) minat (interest) dan

08) nilai/ethos kerja (work values).


NOTE: Bahan pelajaran yang berbahasa Inggris, bersumber dari internet, akan dijelaskan dalam Bahasa Indonesia, dengan harapan para peserta mampu mendapatkan Sertifikat Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.


Kegunaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang telah disusun dan telah mendapatkan pengakuan oleh para pemangku kepentingan akan dirasa bermanfaat apabila telah terimplementasi secara konsisten.

Standar Kompetensi Kerja digunakan sebagai acuan untuk :


* Menyusun uraian pekerjaan.
* Menyusun dan mengembangkan program pelatihan dan sumber daya manusia.
* Menilai unjuk kerja seseorang.
* Sertifikasi profesi di tempat kerja.

Dengan dikuasainya kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka seseorang mampu :


* Mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.
* Mengorganisasikan agar pekerjaan dapat dilaksanakan.
* Menentukan langkah apa yang harus dilakukan pada saat terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula.
* Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah atau melaksanakan tugas dengan kondisi yang berbeda


FORMAT STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA


Kode : Kode unit diisi dan ditetapkan dengan mengacu pada format kodifikasi SKKNI.

Judul : Mendefinisikan tugas/pekerjaan suatu unit kompetensi yang menggambarkan sebagian atau keseluruhan standar kompetensi.


Deskripsi Unit : Menjelaskan Judul Unit yang mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mencapai standar kompetensi


Elemen
Kompetensi : Mengidentifikasi tugas-tugas yang harus dikerjakan untuk mencapai kompetensi berupa pernyataan yang menunjukkan komponen- komponen pendukung unit kompetensi sasaran apa yang harus dicapai .

Kriteria
Unjuk Kerja : Menggambarkan kegiatan yang harus dikerjakan untuk memperagakan kompetensi di setiap elemen, apa yang harus dikerjakan pada waktu menilai dan apakah syarat-syarat dari elemen dipenuhi.

Batasan
Variabel : Ruang lingkup, situasi dan kondisi dimana kriteria unjuk kerja diterapkan. Mendefinisikan situasi dari unit dan memberikan informasi lebih jauh tentang tingkat otonomi perlengkapan dan materi yang mungkin digunakan dan mengacu pada syarat-syarat yang ditetapkan, termasuk peraturan dan produk atau jasa yang dihasilkan.

Panduan Penilaian : Membantu menginterpretasi- kan dan menilai unit dengan mengkhususkan petunjuk nyata yang perlu
dikumpulkan, untuk memperagakan kompetensi sesuai tingkat keterampilan yang digambarkan dalam kriteria unjuk kerja, yang meliputi :

- Pengetahuan dan keterampilan yang yang dibutuhkan untuk seseorang dinyatakan kompeten pada tingkatan tertentu.

- Ruang lingkup pengujian menyatakan dimana, bagaimana dan dengan metode apa pengujian seharusnya dilakukan.

- Aspek penting dari pengujian menjelaskan hal-hal pokok dari pengujian dan kunci pokok yang perlu dilihat pada waktu pengujian.

Kompetensi kunci : Keterampilan umum yang diperlukan agar kriteria unjuk kerja tercapai pada tingkatan kinerja yang dipersyaratkan untuk peran / fungsi pada suatu pekerjaan.


Kompetensi kunci meliputi:

- Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi.
- Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi.
- Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas.
- Bekerja dengan orang lain dan kelompok.
- Menggunakan ide-ide dan teknik matematika.
- Memecahkan masalah.
- Menggunakan teknologi.



Para peminat/pembaca blog ini diundang mendaftarkan


Nama: __________________________________________________

Email Utama:_____________________________________________


pada kotak KOMENTAR di bawah ini atau melalui email <ecoursadmin@gmail.com> untuk mendapatkan Sillabus masing-masing kursus di atas!


Mengingat jumlah peminat yang begitu besar, saya mohon maaf atas pembatasan jumlah peserta yang akan diterima. Pendaftaran ditutup beberapa hari sebelum peluncuran!


Terima kasih atas kesedian Anda mendaftar segera ….. supaya anda tidak kecewa.




Gulung Tikar atau Mati Pelan-Pelan



Disajikan oleh Drs. Noersal Samad, MA


Salah satu perusahaan jasa yang menjual produk wisata (travel & tour products) adalah biro perjalanan: Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agen Perjalanan Wisata (APW).


Sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Information & Communication Technology = ICT) BPW dan APW tumbuh dan berkembang secara tradisional dan/atau virtual.


Disebut BPW dan APW tradisional (traditional travel agency), karena mereka masih mempraktekkan pola tata usaha lama, sedikit sekali terpengaruh oleh kemajuan ICT. Sedangkan perusahaan virtual (web-based or virtual travel agency) selalu mengikuti perkembangan zaman dan mengaplikasikan ICT untuk memaksimalkan kinerja dan laba bisnis mereka.


Selain NITOUR Inc yang berdiri sejak tahun 1936, BPW dan APW mulai bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia pada tahun 1960-an. Tetapi, sejak tahun 1970-an satu demi satu BPW dan APW Indonesia mulai berguguran. Mengapa?


Benarkah BPW dan APW bisa dikelola dengan Ilmu Pariwisata ala kadarnya dan modal dengkul?


Pertanyaan di atas akan dijawab dan dianalisa secara tuntas dalam situs khusus << TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE >>


----------------- Side Bar ------------------------


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.


---------------------------------------------------------


Sejak tahun 1964, penyaji, sebagai karyawan NITOUR Inc., mencoba mengamati pertumbuhan dan perkembangan BPW dan APW, yang ada di dalam dan luar negeri. Hasil pengamatan dan penelitian tersebut diabdikan dalam bentuk pembelajaran pada Akademi Perhotelan & Kepariwisataan (A.P.K.) Trisakti, yang berlokasi di Grogol, Jakarta, D.K.I., sejak tahun 1971.



Pada tanggal 10 Oktober, 1971, penyaji, Noersal Samad, BA mengajukan USULAN, yang dilengkapi dengan kurikulum dan silabinya, untuk menambah Jurusan Kepariwisataan pada APK Trisakti. Pada tahun akademik 1972/1973, secara resmi APK Trisakti membuka Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (Tour& Travel Department).


Sebagai Ketua Jurusan UPW pertama pada APK Trisakti, Jakarta, ditunjuk Noersal Samad, BA, merangkap dosen tetap sejak Pebruari, 1972, yang merupakan Tahun Akademik pertama Jurusan UPW ini di Indonesia.


Penunjukan Ketua Jurusan ini, selain sebagai penggagas/ pengusul penambahan Jurusan UPW pada APK Trisakti, yang pada waktu itu baru bergelar BA, Sarjana Muda Pendidikan, IKIP Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Sriwijaya, dan Mantan Dosen Bahasa Inggris IAIN Palembang tahun 1961-1963, juga didasarkan atas pertimbangan pengalaman yang bersangkutan sebagai praktisi selama 8 tahun di NITOUR Inc. ditambah pendidikan tambahan pada tahun 1965, dari Lewis Training School yang membantu pendidikan para Anggota ASTA (American Society of Travel Agents largest network of travel ...)


Note: ASTA is an association of travel professionals and the companies whose products they sell, providing education, training, representation, and advocacy.



Bisnis Wisata Rumahan (Home-Based Tourist Business)



TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE memfokuskan penyajian modul-modul pelajaran Manajemen Acara (Event Organizer & PCO), Agen Kapal Pesiar (Cruise Agent), BPW dan APW (Tour Operator & Travel Agent) “modern” yang dikategorikan sebagai Home Web-Based Travel Business.


Para pengelola BPW & APW “tradisional”, mau tidak mau, sudah harus menyesuaikan diri, tanpa menunda-nunda lebih lama lagi. Kalau tidak, lambat laum perusahaan mereka akan mati pelan-pelan dan kemudian gulung tikar sama sekali.



Mengapa home-based atau web-based travel business?


Pemilik dan/atau pengelola bisnis wisata ini bisa berkantor di rumah. Dengan demikian, biaya pengelolaannya lebih hemat. Waktu operasinya bisa 24/7. Dua puluh empat jam, tujuh hari seminggu, tanpa tutup.


Para pengelola bisnis ini bisa terhindar dari hal-hal yang menjengkelkan dalam perjalanan menuju kantor. Terbebas dari stress yang bisa menyebabkan sakit jantung.Tidak perlu menghirup udara yang sudah kena polusi dan terjauh dari kecelakaan lalu lintas.


Selain dari itu, pengeluaran biaya untuk kendaraan, termasuk waktu, ke dan dari kantor bisa dihemat.


Pemanfaatan Aplikasi Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk Bisnis Pariwisata


Sewaktu menatar atau memberi kuliah saya sering mengajukan pertanyaan: Sebenarnya Biro Perjalanan Wisata itu menjual apa?


Setelah mendengarkan beberapa jawaban dari hadirin, saya memberikan sebuah jawaban singkat, yang tidak terduga oleh mereka, yaitu informasi. Informasi yang dikemas menjadi produk atau Info Products.


----------------------- Side Bar --------------------------


Note: BPW & APW miskin informasi akan tetap “miskin” dan tidak berkembang, akhirnya mati pelan-pelan dan gulung tikar.


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.

------------------------------------------------------------------


Dewasa ini, produk-produk yang dipasarkan melalui internet (online or internet marketing) sebagian besar merupakan info products, termasuk fasilitas penunjang mereka (software & hardware).


Jarang sekali transaksi bisnis terjadi, tanpa didahului pemberian informasi lengkap. Lebih baru suatu produk yang diper-dagangkan, lebih banyak informasi yang diperlukan calon pembeli.


Pebisnis piawai akan mempergunakan Ilmu Menjual atau Kewiraniagaan (Salesmanship) dan Ilmu Mengenal Barang (Product Knowledge) ketika melakukan kegiatan jual beli.


Pramuniaga yang melayani pelanggan harus paham betul pengertian dan pengaplikasian ungkapan: Features tell, Benefits sell. Lebih banyak benefits dijelaskan, lebih baik. Kemungkinan terjadinya transaksi bisnis lebih besar.


Kedua ilmu tersebut akan dibahas dalam modul-modul Tutorial Bisnis Wisata Online secara meluas (comprehensively, extensively) dan mendalam (indepth, intensively).


----------------------- Side Bar --------------------------


Solusinya: Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk ikut memahami modul-modul pelajaran TUTORIAL BISNIS WISATA ONLINE secara komprehensif.


-----------------------------------------------------------------


Careers In Travel and Tourism


Is there a place for you in the travel and tourism industry? We at GLOBAL TRAVEL BUSINESS & EDUCATION CENTRE and 1st Class Travel & Tourism Academy are certain there is. whether you're changing careers or looking for a new job, travel and tourism will offer you possibilities like no other. Here are seven reasons that a job in travel and tourism might be right for you:


1. The possibility of your achieving a fulfilling career is excellent. According to many estimates, travel and tourism has become the world's biggest industry. That means jobs - and plenty of them. And though there have been occasional downturns in the travel industry's "health", it inevitably bounces back - and quickly, too.


2. The choices you have are nearly endless. Touring, lodging, hospitality services, air travel, cruising, destination promotion, airport operations, theme parks - all these sectors and more provide hundreds of thousands of travel jobs, each unique, each potentially rewarding.


3. The perks are great. Travel professionals typically receive major discounts for their own travel. And at GLOBAL TRAVEL BUSINESS & EDUCATION CENTRE and 1st Class Travel & Tourism Academy we teach you all sorts of "insider information" that will help you travel better, even if you choose not to pursue a career in the business.


4. You can make a difference. Travel - especially leisure travel - helps people learn about other cultures, grow in their understanding of the world and fulfill their dreams. It has a more measurable effect, too, providing vital economic support to thousands of places and creating enormous economic success. In many ways, tourism has become a critical force for world peace. Few industries can make that claim.


5. You can get ahead fast. If you have talent, energy and a good work ethic, promotions will probably come swiftly to you. The travel industry provides a wide-open path for career advancement, especially in those sectors that are growing rapidly and for employees who are committed to hard work. And if you're an entrepreneur, you'll find plenty of opportunities in travel for achievement and success.


6. It's flexible. Many jobs in travel are very flexible. Tens of thousands of travel professionals now work from home or work hours that fit their personal schedules.


7. It's fun. Travel and tourism is exciting, gratifying and immensely enjoyable. As with any job, though, the demands can be challenging. But these are often offset by the simple fact that travel and tourism is one of the most wonderful industries around.


So your interest in travel and tourism is well placed. After all, what other product or service conjures such wondrous images of exotic places, exciting, activities, fascinating cultures and extraordinary challenges? It's a great business. And GLOBAL TRAVEL BUSINESS & EDUCATION CENTRE and 1st Class Travel & Tourism Academy can help you be a part of it.


Cruise Ship Job Descriptions

Here's where you'll find in-depth cruise ship job descriptions for any position onboard.

A cruise ship is divided into several departments and shipboard employees are typically split between these departments. By viewing each department below you will find full job descriptions of all available cruise positions for that particular department.

For each position onboard there is a description, job requirements, details of the duties you would perform, employment information and a guide-line to the typical wage you would earn for that position on a cruise ship.

This section provides essential information and will help you determine which position onboard a cruise ship is right for you.

Click on any department heading below to view the full positions and job descriptions for that department:

Service and Specialty Departments
Service and Specialty DepartmentsIn addition to the normal departments, nearly all cruise ships operate additional services for passengers such as Beauty Salons, Gift Shops and Photography. Employees are often hired separately through companies that operate . . . keep reading
Casino Department
Casino DepartmentMany cruise ships operate casinos onboard and it is considered to be the ultimate job by crew members. Casino staff hours vary depending upon the ship, region, and clientele. For example, casinos on ships serving the Caribbean . . . keep reading
Medical Department
Medical DepartmentThe Medical Department can be very hectic on large cruise ships which carry 3000 to 4000 people including passengers and crew. A cruise ship's mini-hospital may have several beds, intensive care unit, operating theatre, X-ray and examination rooms. Obviously the number of medical staff employed . . . keep reading
Bar Department
Bar DepartmentBars are often the social centers of a cruise ship and attractive places to work with good earning potential. The bar department also employs quite a large number of people. The Bar Staff must provide fast, professional and courteous service to . . . keep reading
Catering (Food) Department
Catering (Food) DepartmentCatering is the largest department on board any cruise ship because food is a big event! Passengers eat a six-course meal for breakfast, lunch, dinner, afternoon tea and then there's the midnight buffet! There are vacancies for catering staff . . . keep reading
Deck Department
Deck DepartmentThe Deck department is responsible for the ship's maintenance. This department also has general navigation duties. The Captain is the ship's Master and all department heads answer to him/her. Other positions within this department require employees to have . . . keep reading
Engine Department
Engine DepartmentWorkers in the Engine department must be able to work in extreme heat and noise. This department employs skilled workers from Chief Engineer to Electrician and Plumber. Depending on the ship, there may be other positions . . . keep reading
Hotel Department
Hotel DepartmentThe hotel department is the second largest department on board a cruise ship. It is very much like hotel staff at a land resort or hotel. These positions make sure that passenger's accommodation are taken . . . keep reading
Activity/Entertainment Department
Activity/Entertainment DepartmentThese positions are often synonymous with "cruise staff" and deal with anything relating to passenger entertainment. This is probably one of the most desirable onboard departments to work in. Here's exactly what qualities you need to get into this department . . . keep reading
IT Department
As technology advances The IT department has become more important than ever to the overall operation of a cruise ship. Staff working in the IT department on a cruise ship are responsible for operating and maintaining all aspects of the cruise ships onboard computer systems; both hardware and software. The . . . keep reading

Pursers Department
Pursers DepartmentThe Purser department is the "accounting" department of the ship. At some point, every passenger comes into contact with the Purser's department. It is the equivalent of a hotel reception and usually located in the main lobby area of the ship. It is the passengers contact point for all issues. All of the ship's . . . keep reading

ns

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar